TUTORIAL MEMINJAM BUKU DI PERPUSTAKAAN NEGARA MALAYSIA (PNM)

Anda suka membaca buku tertiban negara jiran Malaysia? Atau anda mUngkin suka baca novel Malaysia? Atau anda mungkin sedang membutuhkan referensi keilmuan dari negara Malaysia? Tapi anda sulit untik mendapatkan bUkunya. Mau berangkat kesana sulit, berat diongkos, apalagi saat ini, pandemi, sulit keluar dari Indonesia dan masuk ke ngara lain.

Ada satu solusi yang yang ingin saya informasikan bagi orang – orang yang tidak bisa mendatangi Perpustakaan Negara Malaysia (PNM) berlokasi di Jl.Tun Abdur Razak secara langsung ini. Solusinya adalah meminjam buku secara online.  Untuk meminjam buku dari Perpustakaan Negara Malaysia, tentu harus menjadi anggota dulu. Cara register untuk menjadi anggota Perpustakaan Negara Malaysia, adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs https://pnm.elib.com.my/index.php/register
  2. Akan muncul halaman sebgai berikut

Data yang dibutuhkan adalah username., email, contact number, NC/Passport, password, confirm password.

Pada kotak username, bisa diisi dengan nama maupun nama samaran (nick name). Pada kotak email, isi dengan alamat email, Pada kotak contact number isi dengan nomor telpn/ handphone. Pada kotak NC/Passport isi dengan citizen number untuk warga Malaysia, untuk warga non Malaysia isi dengan nomor passport. Password maupun confirm password isi dengan password yang sama .

.3. Isi Form diatas

4. Submit

5. Setelah itu, install aplikasi Perpustakaan Negara Maaysia (PNM) dari playstore, laptop atau handphone

Setelah aplikasi didownload akan muncul Aplikasi Perpustakaan Negara Malaysia, dengan logo berikut

Setelah menekan logo tersebut diatas maka akan layar seperti berikut.

Pada layar ini dapat discroll kebahwah untuk melihat judul judul buku. Untuk menenumukan buku dapat juga dilihat pada ketegori. Saat melihat kategori, maka akan tampil layar seperti ini;

Sesuai kategori, dapat memilih buku. Untuk pinjam buku pada bagian bawah buku ada tulisan borrow, tekan pada tulisan itu. jika sukses akan ada tulisan “Success, The book is now in your reading list“, Diatas buku akan terlihat kotal reading list.

Buku yang sudah dipinjam, akan terlihat di reading list. Jika kotak reading list tidak terlihat maka munculkan reading list dengan cara sebagai berikut;

  1. Pada bagian bawah kanan logo PNM terdapat 3 garis. Saat 3 garis ditekan maka layar yang muncul adalah sebagai berikut

2. Tekan account. Nama acount ini sama dengan nama user yang kita masukkan. Karena username yang saya masukkan adalah sarioh, maka account yang akan saya tekan adalah sarioh. Setelah account ditekan maka akan muncul layar sebagai berikut

3. Tekan button reading List untuk melihat buku yang sudah dipinjam dan Reserve List untuk buku yang direserve.

4. Untuk membaca buku tekan button read yang berada dibawah gambar buku dan sinopsis. Akan muncul 4 pilihan, Kalau pake HP, buku dibaca dengan android klu pake laptop / PV maka dibaca dengan windows 32 atau 64. Buku akan terdownload setelah dilakukan pilihan

Lamanya waktu peminjaman adalah 7 hari.  Setelah masa 7 hari, buku dengan sendirinya akan hilang dari  reading list. Jika buku akan dipinjam tidak tersedia, maka bisa reserve

SELAMAT MENCOBA

western union – Transfer uang ke luar negeri tanpa bank

Wsetern Union, sangat membantu saat kita ingin mentransfer ke luar negeri. Awal mula saya menggunakan western union, adalah saat saya ingin membeli novel di Malaysia. Novel yang ingin saya beli saat itu adalah Marry Me Senorita karya Suri Ryana. Saat itu, saya sudah menghubungi salah satu trust seller yang diberikan oleh Suri Ryana. Persetujuan jual beli sudah dilakukan, nilai buku sudah ketemu. Nah saat proses pengiriman uang terjadi permasalahan. Menurut pengalaman trust seller, tidak semua pengiriman bank dapat dicairkan di Malaysia, hanya beberapa bank. Salah satunya, adalah BCA. Kemudian saya tanya ke BCA, ternyata ada minimal uang yang bisa ditansfer lewat BCA ke Malaysia, yaitu 100 USD atau setara dengan 400 Ringgit Malaysia (RM), sesuai dengan kurs pada saat itu. SEmentara buku dan ongkirnya hanya sekitar Rp. 500.000, yang berati sekitar 142 ringgit Malaysia (RM). Saya sampaikan informasi itu pada trust seller. Dia memberikan info lain, coba di CIMB, mungkin bisa untuk transfer dengan nilai seperti itu. Sayapun ke CIMB, jawabnya jumlah minimal yang dapat ditransfer adalah 100 RM, tetapi harus memiliki rekening CIMB. Tentu saja, aku tidak punya. Saya informasikan lagi ke trsut seller. Kemudian dia menyarankan untuk menggunakan wester union.

Saat itu, aku belum tau western union itu apa, sama sekali tidak paham. Dimana mendapatkan juga bingung. Mau tanya lagi malu. Akhirnya search, Ternyata salah satu tempat untuk mendapatkan pengiriman uang dengan western union, adalah kantor post. Akupun ke Kantor post, dan ternyata mudah sekali. Hanya saja karena ini pengiriman uang antar negara, maka harus menggunakan foto copy KTP. Form pengiriman uang dengan western union sudah ada pada rak form yang tersedia, Tinggal ambil dan isi. Saat mengisi, nama dan alamat penerima harus sesuai benar dengan alamat yang tertera pada kartu penduduk (Citizen Card). Jika salah sedikit saja, uang tidak dapat dicairkan.

Saat, menggunakan western union untuk [engiriman uang, maka pastikan bahwa form yang diambil adalah form untukpengiriman uang. Karena form untuk menerima uang juga ada. Berikut adalah ;,contoh form Western Union untuk Pengiriman Uang

Keuntungan menggunakan Custom Union

  1. Tidak ada batas minimal untuk pengiriman uang ke luar negeri.
  2. Administrasi murah
  3. Transfer sesuai dengan currency kita, yaitu dalam rupiah dan akan dicairkan sesuai dengan currency negara tujuan. Karena negara tujuan saya adalah Malaysia, maka dapat dicairkan dalam bentuk uang.
  4. Dan ini keuntungan jika menggunakan western union untuk pengiriman melalui kantor pos, karena selesih antara nilai tukar uang di money changer, dengan nilai tukar di Kantor Pos sangat kecil. Jadi, tidak perlu khawatir jika menggunakan rupiah.
  5. Dapat dipakai luas. Tersedia di 200 negara.
  6. Yang paling penting, dapat mengirim/menerima uang tanpa rekening
  7. Mata uang pengirim dan penerima berbeda, sehingga tidak perli jasa money changer
  8. Waktu yang dibutukhan untuk proses pengiriman juga cepat

Setelah transaksi, kita akan mendapatkan bill transaksi. Ini dapat disampaikan ke orang yang akan menerima uang, untuk dijadikan bukti ke kantor pos di negaranya.

Western Union, bukan saja dipakai untuk mengirim uang tetapi juga bisa dipakai untuk menerima uang. JIka anda akan mendapatkan pengiriman uang dari luar negeri, penggunaan Western Union bisa menjadi solusi. karena mudah dilakukan dan doproses. Berikut adalah form untuk penerimaan uang

Warna form dibuat beda, sehingga tidak akan salah. Selain itu di kantor pos pasti ada satpam ramah yang berdiri dekat pintu yang akan memberikan informasi pada konsumen.

The Figure of Ma Kyal Sin / Angel- A Student Shot Killed during the Myanmar Coup Demonstration

Ma Kyal Sin is only 19th years old girl. Because of her courage, her death was spoken of in various countries.

Ma Kyal Sin herself is known to have participated in the demonstration as a form of criticism towards the Myamnar military for ending the coup period. In several photos circulating on social media, Angel is said to be a young person who is fearless. In fact, the owner of the Chinese name, Deng Jia Xi, is known as one of the figures who took part in protecting other protest participants.

The death of Angel due to being shot in the head by the Myanmar military has also become a public spotlight. The death of Kyal Sin or Angel in protests against the coup in Myanmar, attracted world attention. She was died of being shot in the head on street in Mandalay

Kyal Sin’s death attracted attention because of his brave figure and was not afraid to demand justice.

The following are touching facts about the figure of Kyal Sin quoted from https://hot.liputan6.com and other sources:

  1. have the ability to taekwondo

Not only known as a brave girl when participating in demonstrations, Ma Kyal Sin is known to be an expert in the martial arts of taekwondo.

In fact, he is quite active in studying and uploading moments when he practices taekwondo through his personal Facebook account. Not only that, Angel is also said to have won a taekwondo competition.

2. She was a dancer and Singer

Not only skilled in martial arts, Angel also has talent in dancing and singing. She is known to be active as a dancer in the DA-Star Dance Club Mandalay.

Through the YouTube channel Angel – Kyal Sin, on 9 September 2020, She has just released her first single under titled No Reason. The video clip, starring directly by Angel., was filled with prayers and condolences from netizens.

3. Growing up in a simple family

Angel is known to come from a simple family. Reporting from the Facebook account The Praise KH, the father of Ma Kyal Sin is a hair barber.

n fact, in several photos circulating on social media, Angel’s father is seen tying a red ribbon on her arm and giving his daughter his blessing to participate in a demonstration demanding the end of the Myanmar military coup.

IThe father of Kyal Sin who gave his blessing to the child also hoped that his daughter could return safely. The reason is, Ma kYal Sin is known as the only child of his family.

When the dead body of Kyal Sin reached home, the father of Kyal Sin was seen accompanying the coffin while still wearing the same shirt while tying the red ribbon around his daughter arm.

FILM KIMCHI BUAT AWAK

Film Kimchi Buat Awak merupakan film Malaysia yang diangkat dari novel Suri Ryana dengan judul yang sama. Sebagaimana kisah dalam novel, Film ini mengisahkan tentang pertemuan antara Daniel Lee Jae Hwan yang diperankanoleh Aiman Hakim Ridza dan Bella yang diperankan oleh Emma Maembong. Daniel merupakan jejaka hasil kacukan Korea dan Melayu manakala Bella adalah gadis Melayu yang belajar di salah sebuah universiti di Seoul, Korea Selatan. Pertemuan awal mereka dimulai di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, saat Bella yang akan menghabiskan liburan dengan pulang ke Malaysia tertabrak Daniel Lee. Awal pertemuan yang tidak manis karena Belaa yang sedang meniliti boarding pass bertabrakan dengan Daniel Lee yang sedang terburu – buru. Namun Daniel Lee, menanggapi kejadian ini dengan emosi, dan mulai cerita bermula, dengan permusuhan Pertemuan awal ini kemudian disertai dengan pertemuan selanjutnya saat mereka di Kuala Lumpur. Lucu dan ada rahasia – rahasia yang terbuka satu demi satu.

Ternyata mereka berdua betemu lagi di pesawat karena Daniel Lee juga akan ke Malaysia dan duduknya berdekatan. Sementara di pesawat, ada juga teman Bella sama – sama pelajar di Korea Selatan bernama Fariz, yang diperankan oleh Ungku Hariz. Setelah sampai di Malaysia Bella bertemu kakak sulungnya (Dira Abu Zahar) . Dan lagi lagi, mereka bertemu kembali saat Kakaknya meminta tolong Bella untuk membuat kimchi dalam acara penyambutan kedatangan presiden perusahaan dimana kakaknya bekerja. yang ternyata Daniel Lee. Bella tentu saja terkejut saat mengetahui kenyataan, bahwa Presiden perusahaan sang kakak merupakan pria kasar yang ditabrak di bandara korea selatan. Bella semakin risau saat satu rahasia lagi terkuak yaitu papa Daniel Lee dan ayahnya merupakan kawan baik dan Daniel Lee bisa berbahasa Melayu. Sementara Bella terlanjur memakinya dalam bahasa Melayu saat di Bandara Korea Selatan. Dan yang lebih mengejutkan kagi saat mereka berdua dijodohkan. Tragisnya sebelum perjodohan dilakukan, mereka berdua tertangkap berdua -duan di rumah atau ditangkap khalwat oleh penduduk kampung. Kalau di Malaysia tertangkap khalwat harus menikah, karena pasangan yang tertangkap khalwat akan sangat merusak nama baik mereka dan keluarga. Haa, benar sekalimenurut hukum islam ya.. Untuk menjaga nama baik keluarga, mereka dipaksa menikah. Namun permusuhan tidak selesai, masih berlanjut terus.

. Percintaan mereka menjadi semakin rumit apabila Bella membuat keputusan untuk melarikan diri ke Seoul kerana percayakan fitnah yang direka oleh Yoo Ri yang diperankan oleh Natasha Elyzza. Danial Lee yang sudah bucin kemudian mencari sang isteri Bella yang melarikan diri ke Korea Selatan dengan alasan mengambil kursus liburan. Setelah itu, Hubungan membaik dan perasaan cinta Daniel Lee semakin mendalam terhadap Bella ketika di Korea Selatan. Namun demikian Yoo Ri dan Zara yang diperankan oleh Janna Nick selalu berusaha untuk menghancurkan perkahwinan Daniel Lee dan Bella. Adakan cinta Daniel Lee dan Bella dapat dipertahankan? Kalau penasaran, nonton film, Admin menyediakan link berikut untuk dapat menontonnya

.KLIK pada link dibawah akan menghubungkan pada FB yang menyediakan film ini

https://fb.watch/3_A-1wkSpo/

BEASISWA UNIVERSITAS PERTAHANAN TAHUN 2021

Kabar gembira, bagi lulusan SMA tahun 2020 maupun tahun 2021 yang sedang mencari beasiswa, maka beasiswa S1 Universitas Pertahanan ini merupakan suatu kesempatan yang bisa dicoba. Adapun keuntungan dari beasiswa ini bukan saja beasiswa pendidikan, tetapi beasiswa penuh karena juga mengcover kebutuhan pangan (3 kali makan dan 2 kali snack per hari), sandang (meliputi pakaian kuliah, jaket, pakaian olahraga,pakaian dalam dlll. Pakaian bebas hanya boleh dipakai hari minggu ), Akomodasi berupa mess, dibedakan antara mess Putra dan mess Putri. Uang harian sampai laptop juga diberikan. Terkadang masih ada pembagian makanan seperti kue kaleng. Semua kebutuhan mahasiswa (istilahnya kadet) sudah dicukupi, orang tua hanya diminta berdoa untuk kesehatan dan keberhasilan anak. Ini adalah statement yang disampaikan oleh Rektur Universitas Pertahanan, saat rapat webinar dengan para orang tua kadet.

Kuliah disini juga melatih kedisiplinan ala militer karena memang mahasiswa S1 merupakan calon anggota militer. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, akan menandatangani surat ikatan dinas. Karena beasiswa ini merupakan beasiswa ikatan dinas. Para lulusan akan di tempatkan di Kementerian Pertahanan maupun di TNI. Jadi jelas, mereka tidak perlu mencari pekerjaan.

Tunggu apalagi, klik link dibawah ini untuk mendapatkan informasi terkait penerimaan mahasiswa baru Universitas Pertahanan, selamat mencoba,

Pembukaan Mahasiswa Baru Program S1 Universitas Pertahanan – JALUR BEASISWA
Untuk persyaratan lebih lanjut bisa dilihat di https://pendaftaran.idu.ac.id/

Selamat Mencoba semoga sukses

Pengalaman Mengikuti Seleksi S1 Di Universitas Pertahanan

Beasiswa S1 UNiversitas Pertahanan, merupakan beasiswa baru

Beasiswa S1 UNiversitas Pertahanan, merupakan beasiswa barudi Tahun 2020, dimana untuk pertama kalinya Universitas Pertahanan, kementerian Pertahanan yang berlokasi di Sentul Bogor,  menerima beasiswa S1. Beasiswa ini berlaku untuk lulusan SMK / SMA, dengan fakultas dan prodi yang disediakan adalah sebagai berikut;  

  1. FAKULTAS KEDOKTERAN MILITER:
    – Prodi Sarjana Pendidikan Kedokteran
    1. FAKULTAS FARMASI MILITER:
      – Prodi Sarjana Ilmu Farmasi
  2. FAKULTAS MIPA MILITER:
    – Prodi Sarjana Biologi
    – Prodi Sarjana Kimia
    – Prodi Sarjana Fisika
    – Prodi Sarjana Matematika
  3. FAKULTAS TEKNIK MILITER:
    – Prodi Sarjana Teknik Informatika
    – Prodi Sarjana Teknik Konstruksi Bangunan Militer
    – Prodi Sarjana Teknik Elektro
    – Prodi Sarjana Teknik Mesin

Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui dalam test seleksi yang akan dilalui oleh calon siswa, yaitu:

  1. Pendaftaran online. Ini merupakan tahap seleksi berkas. Pada tahap ini, bisa dilakukan sendiri ataupun secara kolektif dari sekolah. Kalau mendaftar sendiri pastikan bahwa nilai Laporan Pendidikan untuk mata pelajaran utama tidak kurang dari 90. Sementara kolektif dari sekolah masih bisa ditolerir karena selain syarat nilai 90 di laporan pendidikan, bisa juga masuk 10 besar sekolah. Nah, yang bisa memberikan informasi ini, tentulah sekolah. Tidak semua sekolah bisa mendaftarkan siswanya, karena hanya sekolah- sekolah tertentu yang mendapatkan informasi penerimaan beasiswa ini dari Universitas Pertahanan, seperti SMA Taruna Nusantara, SMA Krida Nusantara, SMAN Tarunan Nala, dan beberapa SMA lainnya.
  2. Test pengetahuan skolastik (TPS), test akademik, saintek dan test kemampuan berbahasa inggris.
Persiapan Menuju Candridimuka untuk Diksarmil

Peminat yang lolos seleksi berkas, akan mengikuti Test pengetahuan skolastik (TPS), test akademik, saintek dan test kemampuan berbahasa inggris. Karena tahun ini pandemic covid, maka test dilakukan secari virtual. Setiap peserta berpakaian sopan seperti halnya menghadiri test secara langsung, menunjukkan nomor test yang telah dikirim Universitas Pertahanan melalui email. Selama pelaksanaan test, peserta tidak dijinkan meninggalkan depan kamera dan dan sama sekali tidak diijinkan untuk menyembunyikan wajah dari kamera. Katanya anakku yang mengikuti test, test secara virtual ini lebih menakutkan dari test secara langsung, karena kalau melakukan kecurangan akan terekam, sehingga dapat didiskualifikasi meskipun setelah pelaksanaan test selesai.  

  • Test Psikotest.

Peseta yang lolos, selanjutnya akan  mengikuti psikotest. Pelaksanaan test ini ini juga virtual dengan peraturan yang sama dengan test Test pengetahuan skolastik (TPS), test akademik, saintek dan test kemampuan berbahasa inggris

  • Test Peminatan

Peserta test yang lolos test psikotest akan sampai pada test peminatan. Test ini juga dilakukan secara virtual. Hal yang perlu diketahui disini, bahwa ada soal hitung – hitungan tapi peserta tidak dibolehkan untuk menggunakan kertas coretan untuk menghitung. So alat menghitung is your brain.

Pendidikan Dasar Militer di Magelang
  • Final test untuk penentuan kelulusan

Final test ini dilakukan langsung di Universitas Pertahanan , mulai dari proses registrasi sampai pengumuman, kurang lebih 8 hari.  Pada final test ini, diantaranya adalah pemeriksaan kesehatan, wawasan kebangsaan dan wawancara. Pada Sesi ini, HP akan dikumpulkan begitu anak / anak sampai di mess / barak, dan akan dikembalikan lagi pada saat pengumuman.

Dari serangkaian test diatas, bagi yang berminat untuk mengikuti test ini tahun depan 2021, jangan tunggu pengumuman untuk belajar pada tahap berikutnya, karena range waktu pengumuman dan test  berikutnya tidak lebih dari 6 hari. Sedia paying sebelum hujan, itu lebih baik agar saat pengumuman dan ternyata ketrima, anda sudah belajar.

Saat pengumuman, so drama. Kenapa?, karena semua peserta dikumpulkan di lapangan.  Selanjutnya dipanggl sejumlah nama. Nama – nama yang dipanggil, orang tuanya sudah terharu dan senang, bahkan ada yang sujud sukur. Sementara orang tua, yang nama anaknya tidak dipanggil, juga menitik airmata, bukan airmata haru tapi airmata kesedihan. Bahkan ada orang tua, yang kembali ke mobil karena tidak tega melihat kesedihan anaknya dan tidak mampu menahan kesedihannya sendiri. Namun ternyata, yang lulus adalah anak – anak yang tinggal di lapangan, yang namanya tidak dipanggil. Mereka diminta masuk ke gedung merah putih,  dan setelah keluar dari gedung tersebut barulah mereka bersorak gembira.

Karena pengumuman yang dramatik tersebut, orang tua yang anaknya lulus, sepakat untuk tidak memeluk anaknya, dan membiarkan anak – anak yang lulus tersebut untuk menumpahkan kegembiraan sesame mereka dengan cara bersorak. Karena tidak semua orang tua hadir pada saat itu. Bagi  orang tua yang ingin anaknya mengikuti test ini, bisa saja pengumumannya juga so drama tapi dibalik. Untuk itu sebaiknya mendengar dulu kejelasannya, jangan cepat bergembira atapun bersedih, Bagi  orang tua yang tidak bisa hadir, saat  pengumuman dan saat pengumuman ternyata anaknya tidak lulus, jangan khawatir anaknya akan terlantar. Universitas Pertahanan akan menanggung biaya pulang dari Universitas Pertahanan sampai ke rumah.

Atraksi Penggunaan Senjata saat upacara pembukaan kadet Mahasiswa Unhan yang dihadiri Bapak Menteri Pertahanan, Bapak Prabowo

Dan bagi orang tua yang anaknya lulus, harus siap untuk tidak berkomunikasi dengan anak setelah mereka dinyatakan lulus, dan sudah menjadi siswa. Karena pada hari pengumuman mereka hanya diberi handphone selama beberapa jam. Pada hari itu juga, akan dilakukan pembagian kostum, dan handphone diserahkan untuk disimpan kembali oleh panitia. Setiap siswa akan mengambil kostum  untuk mengikuti Pendidikan  Dasar Militer di Magelang selama 1 bulan. Sehari setelah pengumuman, siswa diberangkatkan ke Magelang. Para mahasiswa S1 Universitas Pertahanan ini, disebut dengan nama Kadet Pembukaan Diksarmil 242 Kadet Unhan di Akmil di Hadiri Pangdam  IV/Diponegoro - Metropos IDMahasiswa. Ini terlihat dari spanduk yang terpasang di Akmil Magelang. Dan untuk tahun 2020 ini, Pendidikan Dasar Militer angkatan pertama Kadet mahasiswa S1 Unhan sudah dilakukan. Dan pada tanggal 29 Agustus 2020 lalu, pembukaan pendidikan mahasiswa baru S1 unhan sudah dibuka dalam suatu upacara, dengan inspektur upacara, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Bapak H. Prabowo Subianto.