Pengalaman Mengikuti Seleksi S1 Di Universitas Pertahanan

Spread the love

Beasiswa S1 UNiversitas Pertahanan, merupakan beasiswa baru

Beasiswa S1 UNiversitas Pertahanan, merupakan beasiswa barudi Tahun 2020, dimana untuk pertama kalinya Universitas Pertahanan, kementerian Pertahanan yang berlokasi di Sentul Bogor,  menerima beasiswa S1. Beasiswa ini berlaku untuk lulusan SMK / SMA, dengan fakultas dan prodi yang disediakan adalah sebagai berikut;  

  1. FAKULTAS KEDOKTERAN MILITER:
    – Prodi Sarjana Pendidikan Kedokteran
    1. FAKULTAS FARMASI MILITER:
      – Prodi Sarjana Ilmu Farmasi
  2. FAKULTAS MIPA MILITER:
    – Prodi Sarjana Biologi
    – Prodi Sarjana Kimia
    – Prodi Sarjana Fisika
    – Prodi Sarjana Matematika
  3. FAKULTAS TEKNIK MILITER:
    – Prodi Sarjana Teknik Informatika
    – Prodi Sarjana Teknik Konstruksi Bangunan Militer
    – Prodi Sarjana Teknik Elektro
    – Prodi Sarjana Teknik Mesin

Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui dalam test seleksi yang akan dilalui oleh calon siswa, yaitu:

  1. Pendaftaran online. Ini merupakan tahap seleksi berkas. Pada tahap ini, bisa dilakukan sendiri ataupun secara kolektif dari sekolah. Kalau mendaftar sendiri pastikan bahwa nilai Laporan Pendidikan untuk mata pelajaran utama tidak kurang dari 90. Sementara kolektif dari sekolah masih bisa ditolerir karena selain syarat nilai 90 di laporan pendidikan, bisa juga masuk 10 besar sekolah. Nah, yang bisa memberikan informasi ini, tentulah sekolah. Tidak semua sekolah bisa mendaftarkan siswanya, karena hanya sekolah- sekolah tertentu yang mendapatkan informasi penerimaan beasiswa ini dari Universitas Pertahanan, seperti SMA Taruna Nusantara, SMA Krida Nusantara, SMAN Tarunan Nala, dan beberapa SMA lainnya.
  2. Test pengetahuan skolastik (TPS), test akademik, saintek dan test kemampuan berbahasa inggris.
Persiapan Menuju Candridimuka untuk Diksarmil

Peminat yang lolos seleksi berkas, akan mengikuti Test pengetahuan skolastik (TPS), test akademik, saintek dan test kemampuan berbahasa inggris. Karena tahun ini pandemic covid, maka test dilakukan secari virtual. Setiap peserta berpakaian sopan seperti halnya menghadiri test secara langsung, menunjukkan nomor test yang telah dikirim Universitas Pertahanan melalui email. Selama pelaksanaan test, peserta tidak dijinkan meninggalkan depan kamera dan dan sama sekali tidak diijinkan untuk menyembunyikan wajah dari kamera. Katanya anakku yang mengikuti test, test secara virtual ini lebih menakutkan dari test secara langsung, karena kalau melakukan kecurangan akan terekam, sehingga dapat didiskualifikasi meskipun setelah pelaksanaan test selesai.  

  • Test Psikotest.

Peseta yang lolos, selanjutnya akan  mengikuti psikotest. Pelaksanaan test ini ini juga virtual dengan peraturan yang sama dengan test Test pengetahuan skolastik (TPS), test akademik, saintek dan test kemampuan berbahasa inggris

  • Test Peminatan

Peserta test yang lolos test psikotest akan sampai pada test peminatan. Test ini juga dilakukan secara virtual. Hal yang perlu diketahui disini, bahwa ada soal hitung – hitungan tapi peserta tidak dibolehkan untuk menggunakan kertas coretan untuk menghitung. So alat menghitung is your brain.

Pendidikan Dasar Militer di Magelang
  • Final test untuk penentuan kelulusan

Final test ini dilakukan langsung di Universitas Pertahanan , mulai dari proses registrasi sampai pengumuman, kurang lebih 8 hari.  Pada final test ini, diantaranya adalah pemeriksaan kesehatan, wawasan kebangsaan dan wawancara. Pada Sesi ini, HP akan dikumpulkan begitu anak / anak sampai di mess / barak, dan akan dikembalikan lagi pada saat pengumuman.

Dari serangkaian test diatas, bagi yang berminat untuk mengikuti test ini tahun depan 2021, jangan tunggu pengumuman untuk belajar pada tahap berikutnya, karena range waktu pengumuman dan test  berikutnya tidak lebih dari 6 hari. Sedia paying sebelum hujan, itu lebih baik agar saat pengumuman dan ternyata ketrima, anda sudah belajar.

Saat pengumuman, so drama. Kenapa?, karena semua peserta dikumpulkan di lapangan.  Selanjutnya dipanggl sejumlah nama. Nama – nama yang dipanggil, orang tuanya sudah terharu dan senang, bahkan ada yang sujud sukur. Sementara orang tua, yang nama anaknya tidak dipanggil, juga menitik airmata, bukan airmata haru tapi airmata kesedihan. Bahkan ada orang tua, yang kembali ke mobil karena tidak tega melihat kesedihan anaknya dan tidak mampu menahan kesedihannya sendiri. Namun ternyata, yang lulus adalah anak – anak yang tinggal di lapangan, yang namanya tidak dipanggil. Mereka diminta masuk ke gedung merah putih,  dan setelah keluar dari gedung tersebut barulah mereka bersorak gembira.

Karena pengumuman yang dramatik tersebut, orang tua yang anaknya lulus, sepakat untuk tidak memeluk anaknya, dan membiarkan anak – anak yang lulus tersebut untuk menumpahkan kegembiraan sesame mereka dengan cara bersorak. Karena tidak semua orang tua hadir pada saat itu. Bagi  orang tua yang ingin anaknya mengikuti test ini, bisa saja pengumumannya juga so drama tapi dibalik. Untuk itu sebaiknya mendengar dulu kejelasannya, jangan cepat bergembira atapun bersedih, Bagi  orang tua yang tidak bisa hadir, saat  pengumuman dan saat pengumuman ternyata anaknya tidak lulus, jangan khawatir anaknya akan terlantar. Universitas Pertahanan akan menanggung biaya pulang dari Universitas Pertahanan sampai ke rumah.

Atraksi Penggunaan Senjata saat upacara pembukaan kadet Mahasiswa Unhan yang dihadiri Bapak Menteri Pertahanan, Bapak Prabowo

Dan bagi orang tua yang anaknya lulus, harus siap untuk tidak berkomunikasi dengan anak setelah mereka dinyatakan lulus, dan sudah menjadi siswa. Karena pada hari pengumuman mereka hanya diberi handphone selama beberapa jam. Pada hari itu juga, akan dilakukan pembagian kostum, dan handphone diserahkan untuk disimpan kembali oleh panitia. Setiap siswa akan mengambil kostum  untuk mengikuti Pendidikan  Dasar Militer di Magelang selama 1 bulan. Sehari setelah pengumuman, siswa diberangkatkan ke Magelang. Para mahasiswa S1 Universitas Pertahanan ini, disebut dengan nama Kadet Pembukaan Diksarmil 242 Kadet Unhan di Akmil di Hadiri Pangdam  IV/Diponegoro - Metropos IDMahasiswa. Ini terlihat dari spanduk yang terpasang di Akmil Magelang. Dan untuk tahun 2020 ini, Pendidikan Dasar Militer angkatan pertama Kadet mahasiswa S1 Unhan sudah dilakukan. Dan pada tanggal 29 Agustus 2020 lalu, pembukaan pendidikan mahasiswa baru S1 unhan sudah dibuka dalam suatu upacara, dengan inspektur upacara, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Bapak H. Prabowo Subianto.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *